Scholarly Journal of Elementary School
Vol 4 No 2 (2024): Scholarly Journal of Elementary School

ANALISIS INTERAKSI SOSIAL ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) MELALUI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SLB NEGERI PUNUNG

Nurcahyo, Fery Adhi (Unknown)
Martini (Unknown)
Tisngati, Urip (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2024

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi sosial Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) melalui ekstrakurikuler pramuka di SLB Negeri Punung ditinjau dari pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus tunggal. Sumber data berasal dari 2 guru pembina pramuka dan 5 siswa, melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data menggunakan konsep Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan selanjutnya penarikan kesimpulan/verifikasi. Diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa: 1) kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SLB Negeri Punung sudah terlaksana didukung oleh buku ajar yang sesuai dengan kebutuhan anak berkebutuhan khusus (ABK), 2) kegiatan ekstrakurikuler pramuka dapat mengembangkan interaksi sosial serta kemampuan komunikasi pada anak berkebutuhan khusus, 3) kegiatan ekstrakurikuler pramuka memberikan dampak positif pada perkembangan interaksi sosial anak berkebutuhan khusus (ABK) dengan menunjukkan peningkatan dalam aspek kebersamaan, percaya diri, dan kerjasama.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sjes

Publisher

Subject

Arts Humanities Mathematics Other

Description

Scholarly Journal of Elementary School berfokus pada artikel ilmiah dengan scope penelitian di bidang pendidikan guru sekolah ...