Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi sosial Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) melalui ekstrakurikuler pramuka di SLB Negeri Punung ditinjau dari pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus tunggal. Sumber data berasal dari 2 guru pembina pramuka dan 5 siswa, melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data menggunakan konsep Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan selanjutnya penarikan kesimpulan/verifikasi. Diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa: 1) kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SLB Negeri Punung sudah terlaksana didukung oleh buku ajar yang sesuai dengan kebutuhan anak berkebutuhan khusus (ABK), 2) kegiatan ekstrakurikuler pramuka dapat mengembangkan interaksi sosial serta kemampuan komunikasi pada anak berkebutuhan khusus, 3) kegiatan ekstrakurikuler pramuka memberikan dampak positif pada perkembangan interaksi sosial anak berkebutuhan khusus (ABK) dengan menunjukkan peningkatan dalam aspek kebersamaan, percaya diri, dan kerjasama.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024