Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan guru dalam menyusun soal ulangan harian di SMP Negeri 6 satu Atap Rambah hilir Penelitian ini tergolong penelitian tindakan sekolah dengan 4 tahapan kegiatan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 kali tindakan pada setiap siklusnya. Subjek penelitian adalah 6 orang guru kelas di SMP Negeri 6 satu Atap Rambah hilir Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis diskriptif teknik persentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada indikator kesiapan perangkat menyusun soal tes yang harus dipersiapkan guru sebagai langkah awal dalam menyusun soal tes yang terdiri dari silabus, RPP, buku pegangan guru dan siswa serta kisi-kisi soal, hasil penilaian meningkat dari 53,33, menjadi 65,83 dan pada siklus kedua menjadi 77,50 Pada indikator validasi teoritik per kompetensi dasar (KD), dengan kegiatan melakukan penilaian terhadap penyusunan soal dengan mempertimbangkan tiap butir soal dengan KD yang terdapat pada silabus, hasil penilaian menunjukkan angka 42,67 pada kondisi awal, menjadi 62,67 pada siklus pertama dan 84,00 pada siklus kedua. Pada indikator Pencapaian Parameter dalam Menyusun Soal Tes, dengan kegiatan melakukan penilaian terhadap kemampuan guru dalam membuat soal dengan paramater sebanyak 50 soal dengan 4 option, hasil penilaian meningkat dari 34,17 menjadi 44,17 dan 50,00 pada akhir siklus kedua. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dari ke tiga aspek penilaian di atas, semua perolehan hasil pada siklus kedua telah memenuhi kriteria keberhasilan, sehingga pelaksanaan kegiatan penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan di SMP Negeri 6 Satu Atap Rambah hilir dinyatakan tuntas dam berhasil pada siklus kedua.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021