Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Ekonomi dan aktivitas belajar siswa kelas XI IPS SMAN 1 Kepenuhan Hulu tahun pelajaran 2020 / 2021. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan prestasi belajar Ekonomi siswa. Hal ini didukung dengan data penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan persentase ketuntasan tes tertulis yang dilakukan pada pertemuan kedua di setiap siklusnya. Pada saat pra siklus, ketuntasan siswa hanya 40%, setelah dilaksanakan siklus I dengan model pembelajaran Quantum Learning persentase ketuntasan nilai siswa sebesar 68% kemudian pada tindakan siklus II, ketuntasan prestasi belajar Ekonomi siswa mencapai 88%. Penerapan model pembelajaran Quantum Learning juga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XI IPS SMAN 1 Keprnuhan Hulu Tahun Pelajaran 2020/2021. Aktivitas belajar siswa terdiri dari rasa ingin tahu, perhatian dan tanggung jawab. Pada siklus I aktivitas belajar siswa memperoleh skor akhir 64%, artinya aktivitas belajar siswa berada pada kriteria baik. Pada siklus II skor akhir aktivitas belajar siswa mencapai 87% sehingga berada pada kriteria sangat baik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022