Jurnal Edu Research
Vol. 11 No. 1 (2022): Jurnal Edu Research

PENGGUNAAN APLIKASI WA FORUM DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS SMAN 1 KEPENUHAN HULU MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING SELAMA PANDEMI COVID-19

Azmalidar, Azmalidar (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Ekonomi dan aktivitas belajar siswa kelas XI IPS SMAN 1 Kepenuhan Hulu tahun pelajaran 2020 / 2021. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan prestasi belajar Ekonomi siswa. Hal ini didukung dengan data penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan persentase ketuntasan tes tertulis yang dilakukan pada pertemuan kedua di setiap siklusnya. Pada saat pra siklus, ketuntasan siswa hanya 40%, setelah dilaksanakan siklus I dengan model pembelajaran Quantum Learning persentase ketuntasan nilai siswa sebesar 68% kemudian pada tindakan siklus II, ketuntasan prestasi belajar Ekonomi siswa mencapai 88%. Penerapan model pembelajaran Quantum Learning juga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XI IPS SMAN 1 Keprnuhan Hulu Tahun Pelajaran 2020/2021. Aktivitas belajar siswa terdiri dari rasa ingin tahu, perhatian dan tanggung jawab. Pada siklus I aktivitas belajar siswa memperoleh skor akhir 64%, artinya aktivitas belajar siswa berada pada kriteria baik. Pada siklus II skor akhir aktivitas belajar siswa mencapai 87% sehingga berada pada kriteria sangat baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edureseach

Publisher

Subject

Education Other

Description

Edu Research diterbitkan dengan maksud untuk mengumpulkan karya ilmiah dari hasil penelitian dan/atau yang setara dengan hasil penelitian dalam bidang kependidikan dan mempublikasikan karya ilmiah tersebut.Edu Research terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Isi artikel yang ...