Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan dan penyebab terjadinya kesalahan siswa berdasarkan prosedur Newman kelas X SMAN 3 dalam menyelesaikan soal materi fungsi komposisi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah 34 siswa kelas X IPA 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan siswa dari 3 soal yang diujikan, terdapat kesalahan membaca masalah (reading) sebesar 46,07% yang disebabkan karena tidak mampu membaca atau mengenal simbol-simbol pada soal, kurang teliti dalam menyelesaikan soal. Kesalahan memahami masalah (chomprehension) sebesar 46,07% yang disebabkan karena tidak dapat memahami apa yang diketahui dan ditanya pada soal, kurang teliti dalam menyelesaikan soal. Kesalahan transformasi masalah (transformation) sebesar 11,76% yang disebabkan karena tidak mampu membuat model matematika dengan lengkap. Kesalahan keterampilan proses (process skill) sebesar 43,13% yang disebabkan karena tidak mampu membuat langkah-langkah yang akan digunakan pada soal, ceroboh dalam proses perhitungan tidak memanfaatkan waktu dengan baik, terburu-buru dalam menyelesaikan soal. Kesalahan jawaban akhir (encoding) sebesar 75,49% yang disebabkan karena tidak menuliskan kesimpulan dari jawaban soal tersebut, pada kesimpulan tidak tepat dalam menuliskan notasi, tidak dapat memberikan jawaban dengan tepat, tidak teliti dalam menyelesaikan soal.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023