Jurnal ORTOPEDAGOGIA
Vol 10, No 1 (2024): July

Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Peserta Didik Autis dengan Latihan Gerak Manipulatif (Single Subject Research)

Suprihatin, Suprihatin (Unknown)
Erlani, Lalan (Unknown)
Sarah, Sarah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar pada peserta didik autis jenjang TK di SLB Maitri School dengan Latihan gerak manipulatif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode single subject research (SSR) dengan desain A-B-A dan dianilisis menggunakan analisis visual dalam kondisi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan pencatatan trial skor perolehan pada setiap sesi. Hasil analisis data diperoleh pada fase baseline (A1) dengan 3 kali pertemuan dari indikator melempar bola kearah dinding, melempar bola ke dalam keranjang, melempar bola ke arah cone dan menangkap bola presentase stabilitasnya 100% (belum stabil). Pada fase intervensi dengan 8 pertemuan dan pada fase baseline (A2) presentase stabilitasnya 100% (sudah stabil). Hasil tersebut menunjukkan bahwa penggunaan latihan gerak manipulatif mampu meningkatkan motorik kasar pada peserta didik autis jenjang TK di SLB Maitri School Jakarta Timur. Oleh karena itu guru dapat menggunakan latihan gerak manipulatif untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar pada peserta didik autis.

Copyrights © 2024