MATHEdunesa
Vol. 13 No. 2 (2024): Jurnal Mathedunesa Volume 13 Nomor 2 Tahun 2024

Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah pada Materi Lingkaran Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa

Izzati, Rafika Annisa'Elya (Unknown)
Masriyah, Masriyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2024

Abstract

Keterampilan berpikir kritis siswa dengan menggunakan kurikulum 2013 terjadi karena pembiasaan dalam menyelesaikan masalah dan lingkaran sering digunakan dalam berbagai penyelesaian masalah kehidupan sehari-hari. Selain itu, gaya belajar menjadi faktor pendorong untuk mencapai keterampilan berpikir kritis. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana hasil keterampilan berpikir kritis siswa SMP dengan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik dalam menyelesaikan masalah materi lingkaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 3 siswa yang terdiri dari 1 perwakilan siswa dari setiap gaya belajar. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket gaya belajar siswa, tugas menyelesaikan masalah materi lingkaran (TMMML) dan wawancara. Hasil Penelitian ini adalah (1) subjek dengan gaya belajar visual kurang dalam keterampilan berpikir kritis indikator analisis, (2) subjek dengan gaya belajar auditorial kurang dalam keterampilan berpikir kritis indikator interpretasi dan analisis, (3) subjek dengan gaya belajar kinestetik kurang dalam keterampilan berpikir kritis indikator analisis dan evaluasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mathedunesa

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

MATHEdunesa is a scientific journal of mathematics education published by the Mathematics Department of Faculty of Mathematics and Natural Sciences of Universitas Negeri Surabaya. MATHEdunesa accepts and publishes research articles and book review in the field of Education, which includes: ✅ ...