Oryza : Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 13 No 1 (2024): ORYZA: Jurnal Pendidikan Biologi

Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Sirkulasi Darah Di Kelas XI MAN 3 Jember

Hidayati, Heni (Unknown)
Sudarti, Sudarti (Unknown)
Handayani, Rif’Ati Dina (Unknown)
Jamhari, Mohamad (Unknown)
Haeruddin, Haeruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa materi sistem sirkulasi darah di kelas XI MAN 3 Jember Metode penelitian kuantitatif dengan metode Eksperimen Semu (quasi eksperiment). menggunakan desain Non equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA MAN 3 Jember sejumlah 194, penentuan sampel secara purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes, observasi awal dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian menggunakan statistic deskriptif dan statistik inferensial. Analisis Deskriptif dengan menghitung rata-rata, menentukan median, modus dan standart deviasi. Analisis inferensial dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan statistik non parametrik, statistic Mann Whitney. Hasil analisis data hasil pengujian hipotesis hasil belajar posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen dapat dilihat bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed) pada hasil uji Mann-Whitney Test sebesar 0,664 < 0,05 (pada signifikansi 5%), hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa materi sistem sirkulasi darah di kelas XI MAN 3 Jember.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

OZ

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Other

Description

Merupakan Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Bima, memuat artikel hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori di bidang pendidikan dan ...