Oryza : Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 13 No 1 (2024): ORYZA: Jurnal Pendidikan Biologi

Analisis Konsentrasi Siswa Dalam Pembelajaran Biologi: Studi Deskriptif dan Komparatif

Rizki, Ririn Melia (Unknown)
Pranata, Ogi Danika (Unknown)
Angela, Lia (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsentrasi siswa dalam pembelajaran Biologi. Penelitian menerapkan metode kuantitatif deskriptif dan komparatif. Secara komparatif bertujuan untuk membandingkan konsentrasi belajar siswa antara dua sekolah yang berbeda. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN 1 dan SMAN 4 Sungai Penuh. Sampel berjumlah 148 siswa yang terbagi menjadi 74 siswa Kelas XI IPA dari masing-masing sekolah. Instrumen berupa angket yang terdiri dari 32 pernyataan dengan 3 indikator yaitu learning attention, quality of learning, and learning satisfaction. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan independent samples t-test. Hasil analisis menunjukkan bahwa konsentrasi siswa dalam pembelajaran Biologi berbeda untuk sekolah yang berbeda. Perbedaan rata-rata konsentrasi ditemukan sebesar 0.27 dari skala 4 dan signifikan (). Perbedaan signifikan juga ditemukan pada ketiga indikator konsentrasi belajar. Perbedaan rata-rata nilainya sebesar 0.24, 0.36, dan 0.19 dari skala 4 secara berurutan. Berbagai faktor yang mempengaruhi konsentrasi juga telah diidentifikasi. Faktor tersebut meliputi aktivitas atau kegiatan belajar, keterlibatan alat bantu belajar, cara dan teknik belahar, peran rekan, kemandirian, kebiasan membaca catatan, jadwal belajar, keterlibatan sof-skills, kontrol diri, dan lingkungan belajar. Faktor-faktor tersebut dapat dijadikan dasar bagi pengajar untuk merencanakan kegiatan pembelajaran di masa mendatang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

OZ

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Other

Description

Merupakan Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Bima, memuat artikel hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori di bidang pendidikan dan ...