Oryza : Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 13 No 1 (2024): ORYZA: Jurnal Pendidikan Biologi

Pengembangan E-LKPD Struktur dan Fungsi Tumbuhan Berbasis Higher Order Thinking Skills Untuk Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama

Zebua, Nofamataro (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD Struktur dan Fungsi Tumbuhan berbasis Higher Order Thinking Skills untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Penelitian dan pengembangan (Research and Development) ini menggunakan metode pengembangan ADDIE. Penelitian ini diujicobakan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lahewa yang berjumlah 30 orang. Standarisasi produk dilakukan dengan tiga tahap uji, yaitu: uji validitas, uji praktikalitas, dan uji efektifitas. Instrumen yang digunakan berupa angket penilaian serta soal tes evaluasi untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran ini sangat valid dengan presentase 95,31 % dan layak digunakan. Nilai rata-rata praktikalitas yang dinilai oleh guru 3,72 dan siswa 3,57 berada pada kategori sangat praktis. Hasil motivasi siswa berada pada 86,79% dengan rata-rata nilai hasil belajar kognitif 83,82 dibandingkan dengan sebelum menggunakan media dengan rata-rata 56,68. Berdasarkan hasil penelitian ini maka E-LKPD Struktur dan Fungsi Tumbuhan berbasis Higher Order Thinking Skills dinyatakan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Produk yang dihasilkan digolongkan kedalam bahan ajar yang valid, praktis dan efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

OZ

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Other

Description

Merupakan Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Bima, memuat artikel hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori di bidang pendidikan dan ...