JPI
Vol 6, No 1 (2024)

Nilai Etika dalam Fabel "Semut dan Beruang" pada Buku Teks Siswa Kelas V

Faizah, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2024

Abstract

Studi nilai etika merupakan kerja ilmiah yang penting agar suatu cerita dapat direkomendasikan penggunaannya di kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yang menggunakan metode analisis data model Miles dan Huberman pada cerita fabel "Semut dan Beruang" dalam buku teks elektronik kelas V Tema 8 Kurikulum 2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cerita fabel mengandung nilai-nilai etika yang penting untuk ditanamkan pada anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi nilai-nilai etika tersebut melalui analisis teks dan kuesioner dengan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cerita fabel “Semut dan Beruang” mengandung nilai-nilai etika seperti kerja sama, gotong royong, tolong menolong, tanggung jawab, dan kepedulian terhadap lingkungan. Dalam cerita ini, tokoh-tokoh seperti semut yang bekerja sama dan beruang yang belajar mengendalikan sumber daya alam. Penelitian ini menemukan bahwa fabel berfungsi sebagai alat yang efektif untuk menanamkan nilai moral pada anak-anak dan membantu siswa memahami dan mengaplikasikan prinsip etika dalam kehidupan sehari-hari. Cerita elektronik dengan nilai etika seperti ini dapat digunakan guru dalam pembelajaran Kurikulum Merdeka.

Copyrights © 2024






Journal Info
JPI

Abbrev

penailmiah

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pena ilmiah adalah jurnal ilmiah edisi online yang berbasis hasil-hasil penelitian dalam ranah pendidikan guru sekolah dasar. Penelitian meliputi desain penelitian tindakan kelas, eksperimen, studi kasus, dan lain-lain. Scope penelitian meliputi model, metode, strategi, pendekatan, dan media ...