Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah
Vol. 8 No. 2 (2024): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika sekolah

Analisis Miskonsepsi Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Aljabar Kelas VII SMP Jakarta Selatan

Pakpahan, Ruth Yolanda Sari (Unknown)
Sampoerno, Pinta Deniyanti (Unknown)
Haeruman, Leny Dhianti (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan miskonsepsi yang dilakukan oleh siswa dalam pemecahan masalah matematis pada materi aljabar kelas VII. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis kepada 47 siswa kelas VII SMPK-Tirtamarta BPK Penabur dan wawancara kepada delapan subjek penelitian dengan mikonsepi terbanyak dan bersedia untuk diwawancarai. Tes tertulis dan wawancara dilakukan untuk mengetahui letak miskonsepsi siswa berdasarkan jenis miskonsepsi yang dikemukakan oleh LEARN. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis miskonsepsi yang dilakukan siswa, diantaranya 1) Miskonsepssi pengertian huruf; 2) Miskonepsi notasi; 3) Miskonsepsi penggeneralisasian; serta 4) Miskonsepsi pengaplikasian aturan. Miskonsepsi yang paling banyak dilakukan oleh siswa adalah miskonsepsi pengaplikasian aturan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpms

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah (JRPMS) is a journal that is published by the mathematics education study program of MIPA, Jakarta State University. The manuscript published in JRPMS was the result of research in the field of school mathematics education and contributed significantly to ...