Intan Husada : Jurnal Ilmiah Keperawatan
Vol. 12 No. 02 (2024): Vol. 12 No.2 , Juli 2024

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN PASIEN TENTANG RESPONSE TIME DENGAN TINGKAT KEPUASAAN DI INSTALASI GAWAT DARURAT (IGD) RSU SANTO ANTONIUS PONTIANAK: THE RELATIONSHIP BETWEEN PATIENTS' KNOWLEDGE ABOUT RESPONSE TIME AND THE LEVEL OF SATISFACTION IN THE EMERGENCY INSTALLATION (IGD) RSU SANTO ANTONIUS PONTIANAK

Nila, Nila Handayani (Unknown)
Srihesty Manan (Unknown)
Yunus A.P (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Pendahuluan Tujuan: Pelayanan cepat dan tepat menjadi prinsip tatalakasana pasien di IGD. Hal ini berkaitan dengan karakteristik pasien di IGD yang umumnya mengalami ancaman kematian seperti gangguan airway, gangguan breathing, circulation, disability dan exposure. Oleh sebab itu diperlukan waktu tanggap darurat yang cepat untuk mengatasi masalah yang dialami oleh klien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan pasien tentang response time dengan tingkat kepuasaan di IGD RSU Santo Antonius Pontianak. Metode Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden yang dipilih secara accidental. Data penelitian dikumpulkan menggunakan kuesioner pengetahuan tentang respon time dan kepuasan pasien. Hasil : Penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan tentang repon time tidak memiliki hubungan terha dap kepuasan pasien (p=0,646). semakin cepat pelayanan yang diberikan semakin tinggi tingkat kepuasaan pasien terhadap suatu layanan serta memberikan kepercayaan pasien dan keluarga. Nila Handayani, Srihesty Manan, Yunus A.p _ Hubungan Antara Pengetahuan Pasien Tentang Response Time Dengan Tingkat Kepuasaan Di instalasi Gawat darurat : Pemahaman yang baik pasien dan keluarga tentang respon time yang diberikan petugas dapat menimbulkan kepuasaan terhadap layanan yang diberikan di Unit Gawat Darurat, semakin cepat pelayana yang diberikan semakin merasa puas pasien dan keluarga terhadap penangganan yang diberikan. Pendahuluan Tujuan: Pelayanan cepat dan tepat menjadi prinsip tatalakasana pasien di IGD. Hal ini berkaitan dengan karakteristik pasien di IGD yang umumnya mengalami ancaman kematian seperti gangguan airway, gangguan breathing, circulation, disability dan exposure. Oleh sebab itu diperlukan waktu tanggap darurat yang cepat untuk mengatasi masalah yang dialami oleh klien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan pasien tentang response time dengan tingkat kepuasaan di IGD RSU Santo Antonius Pontianak. Metode Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden yang dipilih secara accidental. Data penelitian dikumpulkan menggunakan kuesioner pengetahuan tentang respon time dan kepuasan pasien. Hasil : Penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan tentang repon time tidak memiliki hubungan terha dap kepuasan pasien (p=0,646). semakin cepat pelayanan yang diberikan semakin tinggi tingkat kepuasaan pasien terhadap suatu layanan serta memberikan kepercayaan pasien dan keluarga. Nila Handayani, Srihesty Manan, Yunus A.p _ Hubungan Antara Pengetahuan Pasien Tentang Response Time Dengan Tingkat Kepuasaan Di instalasi Gawat darurat : Pemahaman yang baik pasien dan keluarga tentang respon time yang diberikan petugas dapat menimbulkan kepuasaan terhadap layanan yang diberikan di Unit Gawat Darurat, semakin cepat pelayana yang diberikan semakin merasa puas pasien dan keluarga terhadap penangganan yang diberikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

insada

Publisher

Subject

Nursing

Description

Intan Husada Jurnal Ilmiah Keperawatan menerbitkan tentang informasi ilmu yang berkenaan dengan ilmu kesehatan khususnya ilmu keperawatan, yang dapat digunakan dalam rangka pembelajaran pada jenjang Perguruan Tinggi ...