Kemerosotan mutu Pendidikan semakin lama semakin terasa dan mulai menjadi topik yang banyak diperbincangkan akademis. Para Pendidik membutuhkan bantuan untuk memahami tujuan pendidikan, tujuan kurikuler, dan tujuan instruksional operasional (tujuan perilaku). Supervisi merupakan usaha memberi pelayanan agar guru menjadi lebih profesional dalam menjalankan tugas melayani peserta didik Kebutuhan supervisi saat ini didasarkan pada pola perlakuan yang kurang tepat terhadap guru, sehingga kita harus mengerti sejarah awal supervisi dan signifikansinya dalam pendidikan harus dipahami terlebih dahulu untuk meningkatkan proses KBM dan meningkatkan hasil belajar di masa depan. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisa latar belakang dan konsep dasar supervisi pengembangan mutu pendidikan islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian kepustakaan, Pengumpulan data untuk artikel ini dilakukan dengan mencari atau meneliti beberapa buku, jurnal dan dokumen baik dalam format cetak maupun elektronik, serta informasi atau sumber data lain yang relevan dengan kajian atau penelitian. Hasil dalam penelitian adalah Pengetahuan tentang latar belakang serta konsep dasar dalam pelaksanaan supervisi dan signifikansinya dalam pendidikan.
Copyrights © 2023