Seiring pertumbuhan dan kemajuan pendidikan saat ini, berbagai tantangan yang hadir dapat menjadi risiko tersendiri bagi sebuah lembaga dalam mencapai tujuannya. Begitupun dengan dunia pendidikan, risiko menjadi hal yang tidak dapat dihindari oleh lembaga pendidikan. Oleh karenanya dibutuhkan strategi untuk mengelola risiko agar tidak menimbulkan dampak yang mengganggu keberlangsungan proses pembelajaran dan mempengaruhi mutu pendidikan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan guna memberikan gambaran terkait manajemen risiko dalam mempertahanan mutu pendidikan di SMA Madina Citra Insani. Pendekatan yang digunakan yakni kualitatif dengan jenis penelitian desktriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi non partisipan, wawancara semi terstrukur, dan dokumentasi. Penjaringan informan menggunakan teknik purposive sampling dan teknik analisis data menggunakan Model Miles, Huberman, dan Saldana. Sedangkan guna menguji keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen risiko dalam mempertahankan mutu pendidikan di SMA Madina Citra Insani dilakukan melalui empat tahap, yakni tahap identifikasi risiko, tahap pengukuran risiko, tahap pengendalian risiko, dan tahap evaluasi risiko.
Copyrights © 2023