Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi pendidik menggunakan analisis SWOT dan menentukan strategi peningkatan kinerja pendidik yang dilakukan di MAN 1 Pasuruan. Lokasi penelitian ini berada di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pasuruan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode analisis data yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan analisis SWOT. Teknik pengumpulan data didapatkan melalui observasi (pengamatan langsung), wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini ialah (1) dari analisis SWOT yang sudah dilakukan kondisi pendidik berada di posisi Strenght-Opportunity (S-O) yang mana strategi pendukungnya adalah strategi agresif. (2) kemajuan peningkatan kinerja pendidik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pasuruan semakin signifikan dengan adanya enam strategi yang dilakukan mulai dari program MGMP, workshop, mengikuti lomba, dorongan studi lanjut, pendampingan penulisan jurnal, dan pendampingan penyusunan PTK. (3) setelah itu MAN 1 Pasurun juga melaksanakan dua macam evaluasi yaitu Penilaian kinerja guru (PKG) dan supervisi kepala madrasah bertujuan untuk mengetahui seberapa peningkatan kinerja pendidik terhadap mutu pendidikan.
Copyrights © 2024