Kebijakan Bantuan Kinerja dan Afirmasi (BKBA) telah menjadi strategi penting dalam meningkatkan mutu pendidikan di madrasah di Indonesia. Namun, evaluasi mendalam terhadap efektivitas kebijakan ini masih terbatas, terutama dalam konteks madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk mengisi celah tersebut dengan mengevaluasi efektivitas BKBA dalam meningkatkan mutu pendidikan di MIS Miftahul Ulum Taman Kayu Kebek Tutur Pasuruan. Melalui pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi, penelitian ini menyoroti hasil evaluasi menggunakan aplikasi https://erkam.kemenag.go.id/ yang mencapai Skor Kinerja Mutu Pencapaian (SKPM) 59.6, menunjukkan pencapaian yang memadai namun masih memerlukan peningkatan. Penerimaan dana Bantuan Kinerja dan Afirmasi sebesar Rp. 150.000.000 memberikan dorongan dalam pengembangan madrasah digital dan peningkatan fasilitas belajar. Implikasi penelitian ini adalah pemahaman mendalam tentang pentingnya insentif dan dukungan dalam mencapai standar mutu yang diharapkan, sambil mempertimbangkan aspek etis dan sosial dalam penggunaan teknologi digital dalam konteks pendidikan. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi signifikan bagi pengembangan kebijakan pendidikan yang lebih efektif dan berkelanjutan di madrasah serta konteks pendidikan lainnya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024