Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 5 No. 1 (2023): Journal on Teacher Education

Pengaruh Bantuan Dana UMKM Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Di Desa Pintadia Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan

Gebrilia Bilale (Universitas Negeri Gorontalo)
Irina Popoi (Universitas Negeri Gorontalo)
Melizubaida Mahmud (Universitas Negeri Gorontalo)
Usman Moonti (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh bantuan dan usaha mikro kecil menengah (UMKM) terdahap kesejahteraan masyarakat di Desa Pintadia Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner pada masyarakat di Desa Pintadia Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode sample random sampling dengan jumlah responden 64 orang. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa bantuan dana usaha mikro kecil menengah (UMKM) berpengaruh positif sebesar 0,478 dan signifikan pada alpha 0,05 terhadap kesejahteraan masyarakat di Desa Pintadia Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Angka 0,478 tersebut menunjukan bahwa setiap perubahan variabel bantuan dana usaha mikro kecil menengah (UMKM) sebesar 1 satuan akan mempengaruhi kesejahteraan masyarakat sebesar 0,478 satuan. Selain itu dikemukakan bahwa hasil koefisien determinasi sebesar 0,132 atau sebesar 13,2%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...