Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 5 No. 3 (2024): Journal on Teacher Education

Pengaruh Penerapan Media Gambar Berbasis Kearifan Lokal terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas IV MI Nuurul Yaqin Palembang

Anisa Mufidah (Universitas PGRI Palembang)
Dessy Wardiah (Universitas PGRI Palembang)
Darwin Effendi (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
02 May 2024

Abstract

Di kelas IV MI Nuurul Yaqin Palembang, penelitian ini mengkaji dampak penggunaan media gambar berbasis kearifan lokal terhadap kemampuan menulis puisi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa melalui penggunaan media visual yang memasukkan unsur peninggalan budaya Sumatera Selatan. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental. Tujuan dari teknik ini adalah untuk mengetahui bagaimana siswa kelas IV MI Nuurul Yaqin Palembang menyikapi media visual berbasis kearifan lokal. Sampel penelitian berjumlah 22 siswa kelas IV.B yang ditempatkan pada kelompok eksperimen. Berdasarkan temuan penelitian, rata-rata kemampuan siswa dalam menulis puisi adalah 64,8103 sebelum mereka mulai menggunakan media gambar berbasis kearifan lokal. Rata-rata tingkat kompetensi siswa dalam penciptaan puisi dengan menggunakan media visual yang dipengaruhi oleh kearifan lokal adalah 82,3545. Melalui penggunaan uji-t untuk membandingkan nilai t hitung dengan t tabel, diketahui bahwa nilai t hitung (8,298) lebih tinggi dibandingkan dengan nilai (1,689) pada t tabel. Hasilnya, hipotesis nol (H?) ditolak dan hipotesis alternatif (H?) diterima. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan memproduksi puisi dengan menggunakan media gambar sangat dipengaruhi oleh media gambar yang berbasis kearifan lokal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...