Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 5 No. 3 (2024): Journal on Teacher Education

Pengembangan LKPD Materi Teks Negosiasi Berbasis Technological Pedadogical Content Knowledge (TPACK) untuk Melihat Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

Sulasmi Sulasmi (Universitas PGRI Palembang)
Ratu Wardarita (Universitas PGRI Palembang)
Siti Rukiyah (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan lembar kerja peserta didik dengan menggunakan model ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK ‘Aisyiyah Palembang dan objek penelitian adalah LKPD materi Teks Negosiasi berbasis TPACK. Penelitian yang penulis lakukan ini menghasilkan LKPD berbasis TPACK yang valid, praktis, efektif dan mampu memfasilitasi kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan model penelitian yaitu model ADDIE. Pada tahap validasi, LKPD ini divalidasi dengan 3 validator yakni ahli bahasa, ahli materi dan ahli media dinyatakan valid dengan presentase capaian sebesar 78% menurut ahli bahasa, 78% menurut ahli media, dan 85% menurut ahli materi. Hasil uji coba terhadap peserta didik menunjukkan presentase sebesar 83,33% dengan kriteria valid atau baik. Simpulan dari penelitian LKPD berbasis TPACK untuk melihat kemampuan berpikir kritis pada materi Teks Negosiasi adalah layak dan baik untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...