Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 6 No. 1 (2024): Journal on Teacher Education

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA KELAS V TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA

Fikriyah, Azimatul (Unknown)
Ratnaningsih, Arum (Unknown)
Suyoto, Suyoto (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2024

Abstract

Media pembelajaran video animasi dikembangkan menggunakan metode penelitian pengembangan ADDIE. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas V SD Negeri Borowetan dengan jumlah 22 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian pengembangan media Video Animasi Berbasis Discovery Learning pada Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Kelas V SD Negeri Borowetan (1) produk pengembangan berupa media pembelajaran video animasi berbasis discovery learning pada Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita, (2) kevalidan media pembelajaran dengan menggunakan validasi ahli materi, ahli media, dan praktisi. Hasil percentage aggrement validasi ahli materi mendapat 97,92%, sedangkan ahli media memperoleh PA 97,22%, dan praktisi memperoleh PA sebesar 86,36%. Hasil ketiga validasi tersebut sangat valid. (3) Hasil kepraktisan media dilakukan dengan mengisi angket respon peserta didik. Angket respon dilaksanakan dengan uji terbatas dan uji luas. Hasil respon peserta didik uji terbatas mendapatkan persentase 86,90% dengan kategori sangat praktis, sedangkan respon peserta didik pada uji luas mendapatkan persentase 93,25% dengan kriteria sangat praktis, (4) adapun keefektifan media video animasi dilakukan dengan pretest dan postest. Pretest sebelum penggunaan media memperoleh hasil 68,18, dengan kriteria cukup efektif. Sedangkan hasil postest setelah menggunakan media memperoleh rata-rata sebesar 87,04 dengan kategori sangat efektif. Kata kunci: discovery learning, media, video animasi

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...