Konsep pembelajaran yang mengintegrasi budaya dan matematika dikenal dengan etnomatematika. Konsep pembelajaran etnomatematika menjadi lebih optimal apabila diterapkan secara nyata dengan mengajak peserta didik merasakan pengalaman secara langsung terhadap budaya di sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk e-modul berbasis etnomatematika menggunakan Flip PDF Corporate pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) yang valid, praktis, dan efektif. Pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian Research and Development (R & D) dan model pengembangan ADDIE. Terdapat lima tahap pengembangan, diantaranya: (a) analisis (analysis), (b) desain (design), (c) pengembangan (development), (d) implementasi (implementation), dan (e) evaluasi (evaluation). Instrumen yang digunakan dalam proses pengolahan data, diantaranya angket dan soal evaluasi. Media ini divalidasi oleh ahli, dinyatakan praktis berdasarkan agket respon peserta didik, dan efektif melalui nilai evaluasi peserta didik. Berdasarkan hasil uji, e-modul ini dinyatakan valid, praktis, dan efektif dengan persentase kevalidan materi adalah 85,16 persen, sedangkan media berada pada persentase 93 persen, persentase kepraktisan e-modul ini adalah 88,85 persen, sementara persentase keefektifan e-moul ini adalah 84 persen.
Copyrights © 2023