Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika
Vol 8, No 1 (2024): JURNAL KAJIAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Upaya meningkatkan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI pada materi aplikasi turunan fungsi aljabar menggunakan LKPD berbasis PBL

Firmansyah, Achmad (Unknown)
Irawan, Wahyu Henky (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan  Kelas XI Agama MAN Kota Pasuruan  yaitu menyelesaikan masalah Aplikasi Turunan Fungsi Alajabar pada tahun pelajaran 2022/2023. Berdasarkan hasil observasi diperoleh kesimpulan bahwa kinerja siswa dalam mata pelajaran matematika kurang, guru masih menguasai pembelajaran, sedangkan siswa yang kurang paham biasanya tidak bertanya. Dari permasalahan tersebut, tujuan penelitian ini yaitu mengenai upacaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi aplikasi turunan fungsi aljabar menggunakan LKPD berbasi PBL. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil subjek penelitian siswa kelas XI Agama MAN Kota Pasuruan yang berjumlah 34 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam 2 (dua) siklus yang masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu. perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Ada dua teknik pengumpulan data yaitu tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa  pada materi aplikasi turunan fungsi aljabar menggunakan LKPD berbasis PBL meningkat. Hal ini berdasarkan hasil tes siklus I rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan LKPD berbasis PBL yaitu 81,5. Sedangkan siklus II rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan LKPD 83,5. Berdasarkan hasil penelitian ini, siswa. Kemudian selain LKPD, siswa juga diberikan soal tes untuk meningkatkan kemampuan individunya. Hasil rata-rata tes pada siklus I sebesar 85,7. Sedangkan hasil rata-rata tes pada siklus II adalah 88,9. Hasil dari pengujian LKPD dan tes pada masing masing siklus menyatakan meningkat walaupun presentase tidak besar yaitu masing masing 2,45% dan 3,7%. Penelitian serupa diharapkan dapat dilakukan untuk memberikan rekomendasi tentang upaya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika menggunakan LKPD berbasis PBL pada materi yang lain

Copyrights © 2024