Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika
Vol 7, No 2 (2023): JURNAL KAJIAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Penerapan strategi index card match pada bahasan bangun datar untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa

Yudiana, Ayu Ninda (Unknown)
Kurniawati, Naning (Unknown)
Ilmiyah, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2023

Abstract

Pembelajaran matematika selama ini masih kurang bervariasi sehingga minat belajar matematika sangat rendah sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari hasil observasi minat belajar matematika siswa di kelas VII B SMP Islam Darussalam Kedungrejo yang masih tergolong rendah, sehingga diperlukan strategi pembelajaran untuk menarik minat siswa yaitu dengan strategi Index Card Match. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi Index Card Match pada pembahasan bangun datar dalam meningkatkan minat belajar matematika. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Strategi pembelajaran aktif (Index card math) merupakan strategi yang menekankan pada peran aktif siswa di dalam kelas. Strategi ini diharapkan mampu membangun kemandirian siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SMP Islam Darussalam Dungmas Kedungrejo Sumberejo Bojonegoro kelas VII yang berjumlah 21 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil pengumpulan data menunjukkan bahwa setiap siswa memiliki minat belajar matematika yang rendah. Namun, setelah penerapan strategi Index Card Match berdasarkan tes hasil belajar sebanyak 21 siswa, ketuntasan belajar klasikal sebesar 80,9 persen; terbukti Implementasi Pembelajaran dengan strategi Index Card Match pada pembelajaran Bentuk Datar memberikan pengaruh yang besar terhadap minat belajar siswa. Sedangkan pada hasil kuesioner diketahui rata-rata persentase seluruh aspek yang diamati adalah 93 persen memberikan respon positif dan 7 persen memberikan respon negatif. Hal ini dapat menunjukkan bahwa lebih dari 75 persen siswa memberikan respon positif terhadap Pembelajaran dengan Strategi Index Card Match.

Copyrights © 2023