Jurnal Komputer Teknologi Informasi Sistem Komputer (JUKTISI)
Vol. 3 No. 1 (2024): Juni 2024

Manajemen Proyek Sistem Informasi Layanan Pelanggan Pada PT. PLN (Persero) ULP Medan Kota Berbasis Website

Syabana, Asrul (Unknown)
Yahfizham (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan sistem informasi pengelolaan pelanggan di PT. PLN (Persero) ULP Medan Kota untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas layanan. Seiring dengan peningkatan jumlah pelanggan, perusahaan menghadapi tantangan dalam mengelola data dan pelayanan pelanggan secara manual yang sering kali menyebabkan keterlambatan dan ketidaktepatan dalam penanganan keluhan. Solusi yang ditawarkan adalah sebuah sistem informasi berbasis web yang mengotomatisasi proses pengelolaan data pelanggan, mulai dari pendaftaran, pengelolaan keluhan, hingga pelaporan. Metodologi pengembangan sistem menggunakan pendekatan Waterfall yang meliputi tahap analisis, desain, implementasi, dan pengujian. Hasil implementasi menunjukkan peningkatan efisiensi sebesar 40% dalam pengelolaan data pelanggan dan penurunan waktu respon terhadap keluhan pelanggan hingga 30%. Dengan demikian, sistem informasi ini diharapkan dapat menjadi alat yang efektif untuk mendukung operasional PT. PLN (Persero) ULP Medan Kota dan meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

juktisi

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Education Engineering

Description

Focus dan scope dari JUKTISI (Jurnal Komputer Teknologi Informasi Sistem Komputer) terbit pertama kali pada tahun 2022 yang dimaksudkan sebagai media kajian ilmiah dari hasil pemikirian yang dituangkan kedalam Jurnal. Jurnal JUKTISI Lembaga Kursus dan Pelatihan Karya Prima terbit 3 (tiga) kali ...