Pinisi: Journal of Teacher Proffesional
Vol 4, No 2 (2023): Agustus

PENGGUNAAN MODEL REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) DALAM MENINGKATKANHASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V KABUPATEN SOPPENG

Handayani, Aulia (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan modelrealistic mathematic education  (RME) dalam meningkatkan  hasil belajarmatematika siswa  kelas V SDN 9 Mallanroe Kecamatan LalabataKabupaten Soppeng. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 9 Mallanroe yangberjumlah 29 siswa, diantaranya 12 laki-laki dan 17 perempuan. Teknikpengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan analisis data observasi dan analisis datates (mereduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan). Hasilpenelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran. Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya aktivitas mengajarguru dan aktivitas belajar siswa terjadi peningkatan, hasil belajar siswapada siklus I masih berada pada kategori tidak tuntas dengan persentase65,52% sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa sudah meningkatberada pada pada kategori tuntas dengan persentase 82,76%. Kesimpulanpenelitian ini yaitu penggunaan model realistic mathematic education dapatmeningkatkan hasil belajar matematika kelas V SDN 9 Mallanroe Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

TPJ

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Pinisi: Journal of Teacher Professional is a journal that provides an authoritative source of scientific information for researchers and academics, research institutions, government agencies, and teacher education. We publish original research papers, review articles and case studies focused on ...