Tematik-Eksploratif-Demokratik (TED) merupakan pendekatan pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk merekonstruksi pengalaman melalui eksplorasi aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi hasil eksplorasi konteks-konsep fisika dengan menggunakan tema Air Terjun Tumimperas dalam pembelajaran TED. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi dan lembar eksplorasi. Analisis data dilakukan menggunakan rubrik penilaian untuk menilai nilai rata-rata setiap kelompok pada masing-masing indikator. Hasil eksplorasi mengidentifikasi berbagai konsep fisika seperti gerak parabola, energi mekanik, tekanan, hukum Bernoulli, usaha, momentum, tumbukan, gaya gesek kinetik, dan gesekan yang teramati pada enam fenomena di air terjun Tumimperas. Kesimpulan menunjukkan adanya enam fenomena yang signifikan dalam tema air terjun. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mengeksplorasi pembelajaran TED dengan tema fenomena alam lainnya atau kearifan lokal masyarakat sekitar, seperti tarian dan permainan tradisional. Kolaborasi penelitian juga direkomendasikan mengingat cakupan aspek yang luas dalam TED. Selain itu, penting untuk mempertimbangkan pembagian kelompok agar setiap individu dapat berkontribusi secara optimal.
Copyrights © 2024