Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol. 4 No. 2 (2023): September

RELEVANSI KONSEP PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF BUYA HAMKA DI ERA SOCIETY

Qomariyah, Nurul (Unknown)
Maghfiroh, Muliatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Pendidikan adalah usaha yang berkesadaran atau dilakukan secara sadar dan pendidikan yang bertujuan dengan landasan syari’at Islam dengan kegiatan yang harus memiliki tujuan, dan target yang jelas. Menyikap tentang pendidikan Islam, salah satu tokoh dan ulama’ Indonesia yakni Haji Abdul Malik Karim Amrullah atau biasa disapa Buya Hamka menuangkan pemikirannya tentang konsep pendidikan Islam. Adapun fokus penelitian yang digunakan oleh peneliti yakni Pertama konsep pendidikan Islam perspektif Hamka, dan Kedua relevansi konsep pendidikan Islam perspektif Hamka di Era Society. Dalam penelitian, peneliti menggunakan jenis penelitian Kepustakaan (Libarary Research) dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa pertama, Konsep pendidikan Islam perspektif Hamka yakni pendidikan yang memanusiakan manusia. Kedua, relevansi konsep pendidikan Islam pandangan Hamka yakni pendidikan islam sebagai pandangan dalam hidup ditengah era yang semakin maju. Adanya pendidikan islam sebagai fiter dari terjadinya integralisasi antara pendidikan Islam dan Era Society yang penuh dengan tekhnologi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

rabbani

Publisher

Subject

Education

Description

RABBANI adalah jurnal resmi yang dimiliki oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Madura yang berlokasi di Jalan Raya Panglegur Km 4 Pamekasan 69371. Jurnal ini merupakan media untuk mewadahi artikel dalam bentuk ide konseptual, Library Research, dan ...