Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol. 5 No. 1 (2024): Maret

PEMBELAJARAN ROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH

Jukhairin, Muhammad (Unknown)
Saparudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2024

Abstract

Pendidikan memiliki tiga isu krusial yang meliputi pembaruan kurikulum, peningkatan mutu pengajaran, dan pengembangan strategi pembelajaran. Kurikulum perlu diperbarui agar responsif terhadap perubahan sosial, relevan dengan tuntutan masa kini, dan mampu mengakomodasi keragaman siswa serta perkembangan teknologi. Peningkatan kualitas pengajaran harus difokuskan untuk mencapai hasil pendidikan yang lebih bermutu. Pengembangan strategi pembelajaran yang efektif menjadi penting untuk memberdayakan potensi siswa secara optimal. Dalam konteks Pendidikan Agama Islam, tujuannya adalah menyediakan, membentuk, dan membangun kecerdasan siswa dalam memahami pengetahuan, tingkah laku, hasil, dan mengasah kemampaun dasar siswa yang diperlukan di Tengah-tengah Masyarakat saat ini. Model pembelajaran yang berbasis masalah atau PBL merupakan suatu inovasi yang relevan dengan tuntutan abad ke-21. PBL mengacu pada karakteristik pembelajaran yang melatih siswa berpikir kritis, mengatasi masalah, berpikir sesuai dengan kenyataan, dan berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Metode penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah penelitian pustaka, yang mana data dan bahan yang digunakan berasal dari berbagai sumber literatur. PBL merupakan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa, dengan guru sebagai fasilitator. PBL mendorong siswa untuk aktif berpikir, mencari solusi untuk masalah, dan mengonstruksi pengetahuan mereka sendiri. PBL memiliki beberapa langkah, termasuk klarifikasi konsep, merumuskan masalah, menganalisis masalah, mengumpulkan data, menguji hipotesis, dan menarik kesimpulan. Tujuannya adalah meningkatkan kemampuan siswa dalam berpikir kritis, analitis, sistematis, dan logis, serta mempromosikan sikap ilmiah, kemandirian belajar, dan keterampilan sosial. PBL memiliki manfaat seperti peningkatan pemahaman materi, peningkatan fokus pada pengetahuan relevan, pengembangan keterampilan kritis, sosial, dan belajar, serta motivasi siswa untuk belajar. Model ini mendorong siswa untuk aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran, mengembangkan pemahaman mereka sendiri, dan memecahkan masalah secara kreatif. PBL juga memfasilitasi pembelajaran berkelanjutan dan meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran. Dengan demikian, PBL merupakan pendekatan pembelajaran yang relevan dan efektif untuk menghadapi tantangan pendidikan modern.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

rabbani

Publisher

Subject

Education

Description

RABBANI adalah jurnal resmi yang dimiliki oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Madura yang berlokasi di Jalan Raya Panglegur Km 4 Pamekasan 69371. Jurnal ini merupakan media untuk mewadahi artikel dalam bentuk ide konseptual, Library Research, dan ...