Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini
Vol 4, No 1 (2024): Februari

STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA RESEPTIF ANAK

Fitriani, Dina Aulia (Unknown)
sulistiyana, sulistiyana (Unknown)
Mujiyat, Mujiyat (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2024

Abstract

Permasalahan yang didapat pada penelitian ini ialah rendahnya kemampuan bahasa reseptif anak dalam menceritakan kembali apa yang didengar dengan kosakata lebih. Hal ini diisebabkan karena anak mengalami kesulitan dalam memfokuskan perhatian untuk mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru serta metode dan media pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, serta menganalisis aktivitas anak dan hasil perkembangan bahasa anak dalam menceritakan kembali apa yang didengar dengan kosa kata lebih menggunakan model time token dan metode bercerita dengan media digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan tiga kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 3 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas anak pada pertemuan 3 mendapat kategori seluruh anak aktif. Hasil perkembangan anak Pertemuan 3 mencapai 100% dengan kategori berkembang sangat baik (BSB). Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan masukan dan informasi untuk memilih model pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jikad

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD) merupakan kumpulan artikel/jurnal tugas akhir mahasiswa PG PAUD di bidang Pendidikan Anak Usia Dini. JIKAD mulai diterbitkan pada tahun 2021 di Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas ...