Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini
Vol 4, No 2 (2024): JUNI

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL BENDA BERDASARKAN FUNGSI MENGGUNAKAN MODEL PBL DAN METODE TANYA JAWAB PADA KELOMPOK A TK MEKAR SARI BALANGAN

Muzdalifah, Nurul (Unknown)
Novitawati, Novitawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2024

Abstract

Permasalahan penelitian ini yaitu sebagian besar anak masih mengalami kesulitan dalam mengenal benda berdasarkan fungsinya. Anak TK Kelompok A belum mengenal persis nama benda yang ada disekitarnya. Hal ini disebabkan oleh sifat pasif dan kurangnya rasa percaya diri anak. Upaya pemecahan masalah tersbeut adalah dengan menggunakan kombinasi Model Problem based learning dan Metode Tanya Jawab. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas hasil capaian kemampuan kognitif anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas serta dianalisis secara kualitatif. Jumlah anak di kelompok A yaitu 10 yang dijadikan sebagai subjek. Hasil menunjukkan  bahwa aktivitas guru selalu mengalami peningkatan yaitu pada pertemuan ketiga mencapai skor 22 yang berkategori Sangat Baik. Aktivitas anak juga mengalami peningkatan, pada pertemuan ketiga yaitu 100% berkembang sangat baik

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jikad

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD) merupakan kumpulan artikel/jurnal tugas akhir mahasiswa PG PAUD di bidang Pendidikan Anak Usia Dini. JIKAD mulai diterbitkan pada tahun 2021 di Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas ...