Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini
Vol 3, No 3 (2023): DESEMBER

MENGEMBANGKAN ASPEK MOTORIK HALUS MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING, MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES KELOMPOK B

Heru, Putri Medina (Unknown)
Sari, Dessy Dwitalia (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2023

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu anak mengalami kesulitan dalam kegiatan menggunting dikarenakan guru terlalu sering membantu, sehingga anak menjadi ketergantungan dengan orang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis aktivitas guru, aktivitas anak dan peningkatan pengembangan kemampuan menggunting anak. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dan dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Kenanga Banjarmasin yang dari 7 anak perempuan dan 4 anak laki-laki, pada semester II tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatkan di setiap pertemuan aktivitas guru pada pertemuan 1 mencapai 18 kriteria baik, dan dipertemuan 4 mencapai 28 kriteria sangat baik. Aktivitas anak secara klasikal mengalami peningkatan dari pertemuan 1 mencapai 9% kriteria kriteria kurang aktif, pertemuan 2 mencapai 55% kriteria cukup aktif, pertemuan 3 mencapai 73% kriteria aktif, dan pertemuan 4 mencapai 100% kriteria sangat aktif, adapun hasil perkembangan anak secara klasikal meningkat berkembang sangat baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jikad

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD) merupakan kumpulan artikel/jurnal tugas akhir mahasiswa PG PAUD di bidang Pendidikan Anak Usia Dini. JIKAD mulai diterbitkan pada tahun 2021 di Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas ...