Jurnal Malikussaleh Mengabdi
Vol 3, No 1 (2024): Jurnal Malikussaleh Mengabdi, April 2024

Pendampingan Proyek Profil Pelajar Pancasila Melalui Implementasi Kegiatan Sesuai Pancasila untuk Membentuk Karakter Siswa SD

Safriana, Safriana (Unknown)
Hardiyatni, shanti (Unknown)
Faida, Elis Nur (Unknown)
Aprilia, Eka (Unknown)
Putri, Amanda (Unknown)
Irfan, Ade (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang terpenting dalam kehidupan manusia. Sejak tahun 2022 Indonesia menggunakan dan menerapkan Kurikulum Merdeka yang dimana di dalam kurikulum tersebut menekankan adanya Pendidikan Pancasila yang termuat dalam Profil Pelajar Pancasila. Pendidikan Pancasila bertujuan untuk membentuk pribadi yang bermoral dan berwawasan luas dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Namun, masih dijumpai kurangnya pemhamahan siswa terutama di sekolah dasar di daerah terpencil dikarenakan keterbatasan sarana dan media pembelajaran tentang Pancasila, sehingga diperlukan metode yang tepat dalam mengenalkan Profil Pelajar Pancasila dengan tepat. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan metode demonstrasi, unjuk kerja, diskusi dan tanya jawab. Dalam kegiatan pengabdian ini dihasilkan sebuah produk yaitu bahan ajar atau media pembelajaran berupa poster lambang Pancasila beserta teks sila dari lambang Pancasila yang sesuai dengan tujuan agar peserta didik dapat memahami dan mengerti isi dari Pancasila

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jmm

Publisher

Subject

Religion Humanities Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Malikussaleh Mengabdi (JMM) diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Malikussaleh (LPPM UNIMAL) adalah peer-reviewed journal yang memuat artikel-artikel ilmiah dari berbagai disiplin ilmu yang diadopsi dalam berbagai aktivitas pengabdian kepada ...