Edukasi: Jurnal Pendidikan
Vol 21 No 2 (2023): Edukasi: Jurnal Pendidikan

PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS KEARIFAN LOKAL MATA KULIAH TEORI DAN APRESIASI SASTRA DI PERGURUAN TINGGI

Azkiya, Hidayati (Unknown)
Syofiani (Unknown)
Yuza, Arlina (Unknown)
Welianto P, Verly (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan kevalitan dan kepraktisan e-modul berbasis kearifan lokal. Penelitian menggunakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) yang menerapkan model pengembangan 4-D. Adapun Instrumen penelitian adalah lembar validitas dan praktikalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari dosen ahli materi tentang aspek kelayakan isi dan keterpaduan dengan nilai 92% berkategori sangat valid. Sedangkan dari dosen ahli desain berdasarkan aspek penyajian dan kegrafisan 87% dengan kategori valid. Selanjutnya, dosen ahli bahasa dengan aspek kebahasaan dengan nilai 93% berkategori sangat valid. Berdasarkan hasil penilaian ketiga dosen tersebut, didapatkan rata-rata keseluruhan 90% dengan kategori sangat valid. Untuk uji praktikalitas dosen diperoleh rata-rata 93% berkategori sangat praktis sedangkan mahasiswa diperoleh rata-rata 95% berkategori sangat praktis. Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan e-modul berbasis kearifan lokal pada mata kuliah Teori dan Apresiasi Sastra dengan materi puisi dapat dikategorikan sangat valid dan sangat praktis.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edukasi

Publisher

Subject

Education

Description

EDUKASI: Jurnal Pendidikan is a Research Scientific Journal published two times a year by LPPM IKIP PGRI Pontianak with p-ISSN 1829-8702 (print) and e-ISSN 2407-1803 (online). The article contains the results of research and other scientific literature related to education, learning, science, ...