Indonesia menempati jumlah penggemar K-pop ke-3 terbanyak di dunia dengan usia yang dominan salah satunya berada di kalangan mahasiswa. Berdasarkan fenomena didapati bahwa penggemar K-Pop (Kpopers) di kalangan mahasiswa merasakan kebahagiaan bersamaan dengan cognitive absorption. Ditinjau dari teori dasar, terdapat hubungan yang berkaitan antara kedua variabel. Meskipun demikian, belum ada penelitian yang mengkaji hubungan antara keduanya. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui gambaran cognitive absorption dan gambaran kebahagiaan pada penggemar K-Pop (Kpopers) serta mengetahui hubungan antara cognitive absorption dengan kebahagiaan pada penggemar K-Pop di kalangan mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasional melalui survei. Penelitian ini diikuti sebanyak 105 subjek melalui teknik convenience sampling. Hasil yang didapatkan yakni kebahagiaan terbanyak berada pada tingkatan sedang di kalangan penggemar fandom dan cognitive absorption terbanyak di tingkatan tinggi di kalangan penggemar fandom serta tidak terdapat hubungan antara cognitive absorption dengan kebahagiaan pada penggemar K-Pop dengan nilai pearson’s r sebesar -0.034 dan nilai p-value sebesar 0.731
Copyrights © 2024