Journal of Mechanical Engineering Education (Jurnal Pendidikan Teknik Mesin)
Vol 1, No 1 (2014): Juni

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM PENGATURAN REFRIGERASI

Saputra, Raden I. (Unknown)
Hasan, Syamsuri (Unknown)
Rakhman, Maman (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe group investigation berbasis multimedia pada mata pelajaran sistem pengaturan refrigerasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian terdiri atas tiga siklus. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel kelas XI TP A. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, soal pre-test, post test dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang ditunjukkan oleh nilai rata-rata N-Gain pada siklus I yang masuk dalam kategori sedang, siklus II kategori sedang, dan siklus III kategori tinggi. Penerapan model pembelajaran ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa meningkat pada setiap siklusnya. Hasil rata-rata persentase aktivitas siswa pada siklus I dalam kategori tinggi, meningkat pada siklus II dan III masuk pada kategori sangat tinggi. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe group investigation berbasis multimedia meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran sistem pengaturan refrigerasi.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jmee

Publisher

Subject

Education Mechanical Engineering

Description

Journal of Mechaninal Engineering Education merupakan jurnal yang mendeseminasikan hasil penelitian dalam bidang pendidikan teknik mesin (vocational education in mechanical engineering). Terbit tiap bulan Juni dan Desember setiap ...