Proceeding Seminar Nasional IPA
2024

E-MODUL IPA BERBANTUAN AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN MODEL MENTAL SISWA

Adhani, Frida Afra (Unknown)
Widiyatmoko, Arif (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2024

Abstract

Kemajuan teknologi telah membawa dampak signifikan dalam bidang pendidikan. Salah satu pendekatan yang diusulkan untuk memenuhi tantangan ini adalah penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran, terutama dalam mengembangkan keterampilan abad ke-21. Pemahaman siswa dalam pembelajaran dipengaruhi oleh model mental yang terbentuk melalui proses kognitif dan pengalaman hidup. Salah satu tantangan dalam pembelajaran IPA adalah kurangnya penekanan pada tingkat submikroskopis, yang mempengaruhi pemahaman siswa karena pembelajaran lebih terfokus pada tingkat makroskopis dan simbolik. Metode penelitian yang digunakan adalah tinjauan literatur dengan mengkaji berbagai literatur jurnal nasional dan jurnal internasional dari sumber-sumber ilmiah yang relevan. Berdasarkan tinjauan literatur didapatkan hasil bahwa e-modul berbantuan Augmented Reality (AR) dapat dijadikan alternatif solusi untuk meningkatkan model mental siswa dalam memvisualisasikan konsep-konsep materi tingkat submikroskopis secara lebih jelas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

snipa

Publisher

Subject

Education

Description

Proceeding Seminar Nasional IPA berisi artikel yang bertema inovasi pembelajaran IPA, penelitian dibidang IPA dan ilmu lingkungan yang berasal dari kegiatan Seminar Nasional IPA. Kegiatan Seminar Nasional IPA sendiri merupakan kegiatan yang diselengarakan oleh Jurusan IPA Terpadu UNNES dengan ...