Proceeding Seminar Nasional IPA
2024

MENGOPTIMALKAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK MELALUI PROBLEM BASED LEARNING BERPENDEKATAN EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT

Auliah, Feby Dwi (Unknown)
Izzah, Ainul (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2024

Abstract

Pembelajaran pada abad ke-21 menuntut pengembangan keterampilan 4C (Critical thinking, Creative, Collaboration, Communication) bagi peserta didik. Keterampilan kolaborasi menjadi salah satu dari keterampilan 4C yang memiliki peranan penting dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) karena mendorong kerja sama dan pemecahan masalah bersama. Namun, keterampilan kolaborasi peserta didik di Indonesia masih tergolong rendah yang disebabkan oleh metode pembelajaran yang kurang efektif. Sehingga, diperlukan penggunaan metode pembelajaran yang tepat dalam berlangsungnya proses belajar mengajar. Salah satunya yaitu menerapkan metode Problem Based Learning (PBL) berpendekatan Education for Sustainable Development (ESD). Problem Based Learning menekankan pada pemecahan masalah nyata dan kerja kelompok, sementara pendekatan Education for Sustainable Development memungkinkan keterlibatan peserta didik dalam masalah-masalah relevan yang berkelanjutan bagi lingkungan dan masyarakat. Dengan kombinasi ini, peserta didik dapat mengoptimalkan keterampilan kolaborasi yang diperlukan untuk menghadapi permasalahan kompleks di masa depan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

snipa

Publisher

Subject

Education

Description

Proceeding Seminar Nasional IPA berisi artikel yang bertema inovasi pembelajaran IPA, penelitian dibidang IPA dan ilmu lingkungan yang berasal dari kegiatan Seminar Nasional IPA. Kegiatan Seminar Nasional IPA sendiri merupakan kegiatan yang diselengarakan oleh Jurusan IPA Terpadu UNNES dengan ...