Dalam memahami negara dengan keragaman budaya seperti Indonesia, konsep pendidikan multikultural sangat penting. Pendidikan sangat berguna untuk mengembangkan multikulturalisme. Konsep pendidikan sejarah bertujuan untuk menanamkan rasa nasionalisme dan demokratis serta kesadaran multikultural. Satuan sejarah yang melihat heterogenitas masyarakat Indonesia adalah sejarah lokal dan negara Indonesia yang berkembang dengan keragaman bahasa, agama, suku, ras, adat istiadat, dan budaya. Keberagaman ini tidak terlepas dari proses kesinambungan narasi. Menumbuhkan nilai dan makna multikultural melalui pembelajaran sejarah merupakan langkah yang tepat dan mendasar untuk memperkokoh rasa kebangsaan. Tujuan artikel ini adalah untuk mengeksplorasi 1) peran manfaat pendidikan sejarah lokal untuk meningkatkan kesadaran multikultural; dan 2) ide-ide yang efektif tentang pengajaran sejarah lokal untuk meningkatkan kesadaran multikultural. Kajian sejarah lokal dapat membantu siswa memahami sejarah keragaman masyarakat. Lima model dapat digunakan untuk menyampaikan sejarah lokal: belajar dari pengalaman sebelumnya; melakukan studi kasus perbedaan; membuat pendekatan pembelajaran baru; membuat kurikulum baru; dan 5) mengintegrasikan pembelajaran sejarah lokal ke dalam materi sejarah nasional. Penelitian ini menggunakan kajian pustaka deskritif kualitatif, dengan penggambaran pentingnya pembelajaran sejarah lokal dalam membangkitkan semangat nasionalisme. Hasil dari penelitian untuk dapat penumbuhkan jiwa cinta tanah air pada setiap siswa dengan menegakkan nilai-nilai kebangsaan dan negara.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024