Latar belakang kegiatan ini didasari oleh rendahnya motivasi belajar Bahasa Arab di kalangan santri, yang dikaitkan dengan metode pengajaran konvensional dan kurangnya materi ajar yang menarik. Untuk mengatasi masalah tersebut, metode kegiatan pengabdian yang diterapkan melibatkan pengembangan materi ajar Bahasa Arab yang tidak hanya sesuai dengan kurikulum, tapi juga memanfaatkan teknologi dan pendekatan pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan. Proses ini melibatkan kerjasama antara pengajar, santri, dan ahli teknologi pendidikan dalam merancang dan menerapkan materi ajar yang baru. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam motivasi belajar Bahasa Arab di kalangan santri. Materi ajar yang dikembangkan berhasil menarik minat santri untuk lebih aktif dan antusias dalam proses pembelajaran, sekaligus meningkatkan pemahaman mereka tentang Bahasa Arab. Kesimpulannya, pengembangan bahan ajar Bahasa Arab yang inovatif terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi belajar santri, yang mana membuka jalan bagi peningkatan kualitas pembelajaran Bahasa Arab di lingkungan pendidikan keagamaan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023