Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Khadem: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat diterbitkan oleh LP2M Institut Agama Islam Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh adalah peer-reviewed journal yang memuat artikel-artikel ilmiah dari berbagai disiplin ilmu yang diadopsi dalam berbagai aktivitas pengabdian kepada masyarakat dan penelitian terapan lainnya. Artikel-artikel yang dipublikasikan di Khadem meliputi hasil-hasil Kajian dan penelitian ilmiah dalam kegiatan pengabdian yang bersifat baru. Jurnal Khadem menerima manuskrip atau naskah artikel dalam bidang riset terapan berbasis komunitas ke dalam format pengabdian masyarakat yang mencakup bidang keilmuan yang relevan mencakup: Sosial Kependidikan Bahasa Bisnis dan Ekonomi Hukum Komunikasi Islam Pengembangan Masyarakat Islam
Articles
98 Documents
Sosialisasi Kultum Pada Siswa SMP Riyadul Mubarak Desa Tanjongan Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen
Junaidi;
Eliana;
Amiruddin Abdullah;
Zulfahmi
Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2022): Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.54621/jkdm.v1i1.409
Kegiatan Sosoalisasi Kultum ini dilakukan untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam berbicara khususnya di bidang agama. Kegiatan ini dilakukan untuk membimbing keterampilan siswa ketika berbicara di depan umum. Kegiatan ini dilakukan selama ada proses belajar mengajar di sekolah Riyadul Mubarak Tanjongan Samalanga. Pengabdian ini menggunakan metode pendampingan Participatory Action Research (PAR). Metode PAR memiliki tiga kata yang saling berhubungan satu sama lain, yaitu partisipasi, riset dan aksi. Semua riset harus diimplementasikan dalam aksi. Pada proses pengorganisasian, peneliti bersama tim dan pengurus dayah Riyadhul Mubarak Al-Idrisiyah Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen membentuk rencana aksi untuk melakukan perubahan sosial pada generasi muda. PAR merupakan kaloboratif antara peneliti dengan komunitas untuk melakukan research bersama, merumuskan masalah, merencanakan tindakan, melakukan aksi secara berkesinambungan dan berkelanjutan. PAR dirancang memang untuk mengkonsep suatu perubahan dan melakukan perubahan terhadapnya. peneliti bersama tim ingin mengembangkan Karakter dan ilmu pengetahuan peserta didik khusnya di bidang Agama lewat program kultum secara continue. Kuliah tujuh menit (Kultum) salah satu kegiatan yang diperlukan di sekolah disamping untuk melatih peserta didik untuk berbicara di depan umum juga untuk membina kader-kader dakwah yang professional di kalangan siswa-siswa.
Pelatihan Muhadharah Sebagai Training Public Speaking Santri Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga Bireuen
Munawir;
Saiful Bahri;
Muhammad Abrar Azizi;
Yudha Alfitra
Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2022): Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.54621/jkdm.v1i1.412
Pengabdian ini menggunakan metode pendampingan Participatory Action Research (PAR). Metode PAR memiliki tiga kata yang saling berhubungan satu sama lain, yaitu partisipasi, riset dan aksi. Semua riset harus diimplementasikan dalam aksi. Pada proses pengorganisasian, peneliti bersama tim dan pengurus dayah Riyadhul Mubarak Al-Idrisiyah Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen membentuk rencana aksi untuk melakukan perubahan sosial pada generasi muda. PAR merupakan kaloboratif antara peneliti dengan komunitas untuk melakukan research bersama, merumuskan masalah, merencanakan tindakan, melakukan aksi secara berkesinambungan dan berkelanjutan. PAR dirancang memang untuk mengkonsep suatu perubahan dan melakukan perubahan terhadapnya. peneliti bersama tim Kegiatan pengabdian kepada masyarakat mengenai pelatihan muhadharah di Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga Kabupaten Bireuen mendapatkan respon yang antusias dari para santri tersebut. Ketiga, Didapatkan beberapa pertanyaan dari peserta (santri) terkait materi kegiatan dan santri di dayah tersebut mengharapkan ada kegiatan muhadharah secara berkelanjutan untuk meningkat kemampuan santri dalam berpidato. Disamping itu untuk melatih peserta didik untuk berbicara di depan umum juga untuk membina kader-kader dakwah yang professional di kalangan para santri saat acara muhadharah berlangsung.
Pelaksanaan Pelatihan Baca Al-Quran Dengan Metode Tahsin di Dayah Darutthalibin Al-Aziziyah Gampong Mesjid Baro Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen
Mursyidi;
Syahrul Awali;
Firman;
Ibnu Kasir;
Annisa Umar
Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2022): Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.54621/jkdm.v1i1.415
Kegiatan belajar mengajar tentang memahami pada peserta didik tingkat Ibtidaiyah (SD/MI) dan Tsanawiyah (SMP/MTs) di Dayah Darutthalibin Al-Aziziyah Gampong Mesjid Baro Samalanga. Pada tingkat ini motivasi belajar Al-Quran pada anak sangat minim karena kurangnya kemampuan membaca Al-Quran. Tujuan dari kegiatan belajar mengajar ini ialah untuk meningkatkan motivasi belajar anak agar fasih membaca Al-Quran. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah model deskriptif dengan pendekatan ceramah, diskusi, dan tanya jawab serta simulasi. Adapun hasil hasil dari kegiatan belajar mengajar antara lain: Pertama, peserta didik lebih memahami teori ilmu tajwid. Kedua, mereka termotivasi belajar Al-Quran lebih baik lagi. Ketiga, dengan metode tahsin peserta didik dapat dengan mudah memperbaiki atau memperbagus bacaan. Keempat, terdapat perubahan yang signifikan setelah menggunakan metode tahsin. Keempat mendapatkan respon yang antusias dari Guru dan santri dan juga telah terlaksana dengan baik.
Memanfaatkan Pojok Baca Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa di SMP Jami’ah Al-Aziziyah Samalanga Bireuen
Sara Yulis;
Muntasir;
Khaidir;
Nurliana
Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2022): Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.54621/jkdm.v1i1.416
Program Gerakan Literasi Sekolah Kemendikbud mengartikan Kemampuan berliterasi sebagai kemampuan mengakses,memahami,dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai kegiatan,antaralain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan atau berbicara. Salah satu akses literasi ini adalah pojok bacakelas sebagai perpustakaan mini yang dihadirkan dalam kelas sehingga lebih mendekatkan dan mengakrabkanlagi siswa dengan bahan bacaannya. Penelitian ini dilakukan di 3 kecamatan kota Bireuen,Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi,wawancara danangket. Hasil penelitianmenunjukkanbahwa gerakanliterasi pojok baca kelas belum terlaksana secara menyeluruh karena hanya ada 3 sekolah yang memiliki pojokbaca kelas masing-masing1 sampai 2 kelas saja pojok bacanya. Padahal seruan ini sudah dicanangkan olehpemerintah sejak tahun 2016 untuk mengembalikan budaya baca anak, alasan yang mendasar oleh sekolah adalah keterbatasan dana dan minimnya pengalaman dalam mendesain pojok baca kelas.Dilihatdarieksistensi daya baca anak memberikan gambaran bahwa siswa sangat menyambut baik kehadiran pojok bacadi kelasnya ditandai dengan aktivitas dan antusias siswa dalam membaca buku bacaan sebelum pelajaran dimulai dan pada saat jam istrahat.
Pelatihan Pendidikan Karakter Melaui Gotong Royong di Dayah MUDI Mesra Samalanga
Alauddin;
Mulyadi;
Amiruddin;
T. M. Halim Marsal
Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2022): Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.54621/jkdm.v1i1.419
Pendidikan karakter adalah pendidikan untuk membentuk kepribadian seseorang melalui pendidikan budi pekerti, yang hasilnya terlihat dalam tindakan nyata seseorang, yaitu tingkah laku yang baik dan jujur, bertanggung jawab, menghormati hak orang lain, kerja keras, dan sebagainya. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat adalah mengetahui bagaimana cara mengiplementasikan pendidikan karakter melalui gotong royong Pengabdian ini menggunakan metode pendampingan Participatory Action Research (PAR). Kegiatan pengabdian kepada masyarakat mengenai pelatihan pendidikan karakter melalui gotong royong di Dayah MUDI MESRA Samalanga telah terlaksana dengan baik. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat mengenai pelatihan pendidikan karakter melalui gotong royong di Dayah MUDI MESRA Samalanga mendapatkan respon yang antusias dari para Santri Dayah MUDI MESRA Samalanga.Terdapat 3 pertanyaan dari peserta pelatihan (Santri) terkait materi pendidikan karakter melalui gotong royong.
Pelatihan Tata Boga Sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Santri/ Mahasiswi Melalui Pengolahan Bahan Masakan, Minuman dan Hidangan Penutup di Dayah Mudi Putri Mesjid Raya Samalanga
Halimatussakdiah Halimatussakdiah;
Yusfriadi Abda;
Iqlima Iqlima
Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2022): Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.54621/jkdm.v1i1.426
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan kewirausahaan dan kerajiana tangan bagi santriwati Dayah MUDI Putri Samalanga Kabupaten Bireuen secara umum berjalan dengan lancar. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah metode praktik langsung. Adapun hasil dari kegiatan Kegiatan pengabdian kepada masyarakat mengenai pelatihan kewirausahaan dan kerajianan tangan telah terlaksana dengan baik. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat mengenai Pelatihan kewirausahaan dan kerajinan tangan santriwati Dayah MUDI Putri Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen mendapatkan respon yang antusias dari para santriwati. Didapatkan beberapa pertanyaan dari peserta (santriwati) terkait pelatiahan diharapkan kegiatan serupa dapat dilakukan secara rutin dan berkala setiap tahunnya. Kegiatan pengabdian seperti ini dapat dilakukan secara rutin baik di lokasi yang sama maupun di lokasi yang berbeda dengan sasaran masyarakat yang benar-benar membutuhkan pelayanan pendidikan.
Pembinaan Santri Dayah Mudi Mesjid Raya Samalanga Dalam Menerapkan Manajemen Kedisiplinan Dalam Belajar
Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2022): Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.54621/jkdm.v1i1.427
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pembinaan santri dalam menerapkan manajemen kedisiplinan perlu dilakukan untuk meningkatkan kesadaran para santri. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah metode praktik langsung dan penyuluhan dalam bentuk pemberian materi. Adapun hasil dari kegiatan Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu Kegiatan pengabdian kepada masyarakat mengenai pentingnya kedisiplinan di Dayah MUDI Mesjid Raya Mideun Jok Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen telah terlaksana dengan baik. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat mengenai Menerapkan Manajemen Kedisiplinan Belajar yang baik di Dayah MUDI Mesjid Raya Mideun Jok Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen mendapatkan respon yang antusias dari para Santri Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga. Kegiatan pengabdian seperti ini dapat dilakukan secara rutin baik di lokasi yang sama maupun di lokasi yang berbeda dengan sasaran masyarakat yang benar-benar membutuhkan pelayanan pendidikan.
Pemberdayaan Skil Santri Melalui Pelatihan Desain Grafis Muda (Menciptakan Karya Desain) Bagi Santri Dayah Ihdal Ulum Al Aziziyah Samalanga
Fadhilah;
Amiruddin;
Fakhril Akmal;
Arif Hidayatus Sidqa
Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2022): Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.54621/jkdm.v1i2.461
Perkembangan aplikasi di bidang teknologi informasi mempunyai dampak besar di berbagai bidang kehidupan, salah satunya dibidang industri kreatif seperti advertising, reklame, desain grafis dan pengolahan gambar digital Salah satu menunjang keterampilan bagi santri Dayah Ihdal Ulum Al Aziziyah Desa Meuliek Kecamatan Samalanga. Metode pengabdian ini berupa pelatihan keterampilan desain grafis yang menggunakan computer dan memakai software CorelDraw dan Photoshop serta proses pendistribusian desain di Shutterstock sehingga dapat menghasilkan penghasilan lain. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan santri dalam meningkatkan kualitas kemampuan dalam membuat desain grafis yang menarik sehingga peserta dapat bersaing untuk memenuhi permintaan akan kebutuhan lapangan kerja dan juga menuju wirausaha. Pelatihan akan berfokuskan pada sebuah desain atau image yang akan diselesaikan oleh peserta. Hasil kegiatan pelatihan keterampilan desain grafis menunjukan peserta bisa merancang logo, kartu nama, undangan, famplet, banner, spanduk dan bentuk advertising lainnya serta proses pendistribusianya.
Pelatihan Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Meningkatkan Pemahaman Santri Terhadap Hukum Islam Melalui Kitab Kuning
Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2022): Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.54621/jkdm.v1i1.472
Kegiatan pelatihan pembelajaran bahasa Arab dalam meningkatkan pemahaman santri terhadap hukum Islam melalui kitab kuning yang diadakan di Pondok Pesantren Dayah Jami’ah Al-Aziziyah Desa Batee Iliek Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen telah terlaksana dengan baik. Kegiatan pelatihan pembelajaran bahasa Arab dalam meningkatkan pemahaman santri terhadap hukum Islam melalui kitab kuning yang diadakan di Pondok Pesantren Dayah Jami’ah Al-Aziziyah Desa Batee Iliek Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen mendapatkan respon yang antusias dari para santri Pondok Pesantren Dayah Jami’ah Al-Aziziyah Desa Batee Iliek Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen, khususnya yang tergabung dalam mabna lughah bahasa Arab yang merupakan salah satu program unggulan pondok pesantren tersebut. Para santri yang menjadi peserta dalam kegiatan tersebut mengharapkan kegiatan tersebut dilaksanakan secara kontinu, agar mereka benar-benar menguasai metode dalam memahami hukum Islam melalui kitab kuning dengan pembelajaran bahasa Arab.
Pengenalan Keunikan Kasab Sulaman Benang Emas Khas Aceh di Dayah Putri Muslimat Samalanga
Nurfitri sa;
Evasolina Evasolina;
Amiruddin Abdullah;
Rahmatillah Rahmatillah
Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2022): Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Kegiatan pembuatan atau pengenalan keunikan kasab ini dilakukan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa khususnya dibidang kerajinan tangan. Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pelatihan kepada mahasiswa mengenai beberapa jenis bahan kasab yang memiliki nilai jual , sehingga nantinya memberikan pendapatan kepada mereka. Pengabdian ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR) Metode PAR memiliki tiga kata yang saling berhubungan satu sama lain, yaitu partisipasi, riset dan aksi. Semua riset harus di implimentasikan dalam aksi. Pada proses pengorganisasian, peneliti bersama tim dan pengurus Dayah Putri Muslimat membentuk rencana aksi untuk melakukan perubahan social pada generasi muda. PAR merupakan kolaboratif antara peneliti dan komunitas untuk melakukan research bersama, merumuskan masalah, merencanakan tindakan, melakukan aksi secara berkesinambungan dan berkelanjutan. PAR dirancang memang untuk mengkonsep suatu perubahan dan melakukan perubahan terhadapnya. Peneliti bersama tim ingin mengembangkan ilmu pengetahuan peserta didik khususnya dibidang kerajinan tangan lewat pembuatan atau Pengenalan Keunikan Kasab Sulaman Benang Emas Khas Aceh secara continue. Temuan hasil kegiatan ini yaitu mahasiswa berhasil menyelesaikan pembuatan kasab sulaman benang emas berupa payung khas Aceh yang dilakukan secara berkelompok .