Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora (KAGANGA)
Vol. 7 No. 1 (2024): Kaganga: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora

Identifikasi Kebutuhan Fasilitas Integrasi Antar Moda

Athalla Naufal (Universitas Negeri Jakarta)
Sylvira Ananda Azwar (Universitas Negeri Jakarta)
Winoto Hadi (Universitas Negeri Jakarta)
Siti Sahara (Universitas Negeri Jakarta)
Kencana Verawati (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan fasilitas integrasi kebutuhan antar moda perkembangan integrasi transportasi yang ideal, yaitu: lebih cepat, lebih murah, lebih nyaman, dan lebih aman di terminal Kampung Rambutan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian berdasarakan analisa penulis dan wawancara yang dilakukan bersama Kepala Terminal Kampung Rambutan permasalahan yang terjadi pada Terminal Kampung Rambutan adalah fasilitas perpindahan pejalan kaki yang masih satu jalur dengan jalur datangnya kendaraan yang dapat membahayakan keselamatan pejalan kaki. Maka dari itu perlu dibuatnya jembatan penghubung yang dapat memfasilitasi penumpang agar terjamin keselamatan dan memberikan kenyamanan. Simpulan penelitian ini bahwa terdapat kebutuhan yang signifikan untuk meningkatkan kenyamanan, aksesibilitas, informasi, dan koordinasi antar moda di terminal Kampung Rambutan. Informasi yang jelas, fasilitas yang ramah pengguna, dan kemudahan dalam berpindah antar moda dianggap krusial bagi pengalaman yang lebih baik. Mengatasi hambatan-hambatan tersebut melalui perbaikan fasilitas dan penyediaan informasi yang lebih baik akan memungkinkan pengguna memiliki perpindahan antar moda yang lebih lancar dan efisien di Terminal Kampung Rambutan. Kata Kunci: Antar Moda, Fasilitas, Integrasi, Kebutuhan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

KAGANGA

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora memuat artikel hasil penelitian baik penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan mixed method yang terkait dengan bidang. Pendidikan Sejarah dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) meliputi bidang ilmu dan praktik pendidikan, ...