Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh ice breaking terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMPN 13 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen. Hasil penelitian menunjukan bawah motivasi belajar siswa kelas VII C dengan menggunakan ice breaking saat proses pembelajaran lebih baik dar pada kelas VII D yang menggunakan konvensional di SMP Negeri 13 Kota Bengkulu. Hal tersebut dapat dibuktikan pada hasil skor motivasi siswa kelas VII C yang menggunakan ice breaking yaitu dalam kategori sedang dan tinggi sebanyak 23 siswa (79%) dengan skor 71 sampai 86 sedangkan hasil skor motivasi belajar siswa kelas VII D yang menggunakan metode konvensional sebanyak 26 siswa dengan skor 67 sampai 83. Selain itu dapat dibuktikan juga dengan hasil perhitungan Uji T karena dk pembilang 50 pada taraf 5% yaitu 2,021. Dengan demikian thitung > ttabel (2,239>2,021). Simpulan dari analisis tersebut diperoleh bahwa thitung lebih besar dari ttabel. Sehingga kelas yang diajarkan menggunakan ice breaking memiliki motivasi belajar yang baik sehingga mata pelajaran IPS mudah dipahami. Kata Kunci: Ice Breaking, Motivasi Belajar, IPS
Copyrights © 2024