Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora (KAGANGA)
Vol. 7 No. 1 (2024): Kaganga: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora

Kerapuhan Sosial Siswa dalam Pembelajaran Digital

Jepri Utomo (Universitas Madako Tolitoli)
Shermina Oruh (UPRI Makassar)
Andi Agustang (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana kerapuhan sosial siswa dipengaruhi oleh pembelajaran digital pada sekolah berbasis digital. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dikombinasikan dengan pendekatan tinjauan literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerapuhan sosial siswa dipengaruhi secara signifikan oleh pembelajaran digital. Melalui integrasi penelitian relevan dan teori-teori sosiologi, fokus utamanya adalah pada perubahan pola interaksi sosial, produksi realitas sosial, dan pengaruh struktur digital. Kerapuhan sosial di kalangan siswa dapat diperburuk oleh sejumlah variabel, termasuk isolasi, kurangnya keterlibatan sosial, kurangnya solidaritas organik dan mekanik, serta kurangnya resiliensi siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah hubungan sosial siswa dipengaruhi oleh penggunaan teknologi dalam pembelajaran melalui berbagai cara. Teknologi meningkatkan efektivitas pembelajaran, namun juga dapat menyebabkan kerapuhan sosial, termasuk kesepian dan berkurangnya interaksi tatap muka. Diperlukan strategi yang memadukan teknologi dengan hubungan sosial tatap muka dan kerja sama antara orang tua, guru, dan lembaga pendidikan. Sangat penting memprioritaskan literasi digital dan pendidikan karakter untuk mengurangi dampak buruk teknologi. Oleh karena itu, dibutuhkan lingkungan pembelajaran yang seimbang dan mendukung pertumbuhan holistik siswa. Kata Kunci: Kerapuhan Sosial Siswa, Pembelajaran Digital

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

KAGANGA

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora memuat artikel hasil penelitian baik penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan mixed method yang terkait dengan bidang. Pendidikan Sejarah dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) meliputi bidang ilmu dan praktik pendidikan, ...