Jurnal Pedagogi Matematika
Vol 10, No 1 (2024): Jurnal Pedagogi Matematika

EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALLY (SAVI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP

Rahman, Anis Farisa (Unknown)
Listyani, Endang (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan efektivitas penerapan metode somatic auditory visualization intellectually (SAVI) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain penelitian pretest-posttest control group. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 1 Imogiri tahun ajaran 2022/2023 sebanyak tujuh kelas. Sampel penelitian diambil secara acak terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIII C dan kelas VIII B. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes kemampuan pemahaman matematika. Pengujian hipotesis menggunakan uji One Sample t-Test dan Independent Sample t-Test dengan taraf signifikansi 5% pada data skor gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan metode pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMP, (2) penerapan metode pembelajaran ekspositori tidak efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMP, dan (3) penerapan metode pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) lebih efektif daripada metode pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMP.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pedagogi Matematika ini menerbitkan karya-karya ilmiah dalam bentuk artikel hasil penelitian empiris, hasil kajian sistematik, resensi jurnal, atau letter-to-editor di bidang pendidikan matematika. Ruang lingkup jurnal ini adalah pendidikan matematika, termasuk pembelajaran, kurikulum, media, ...