Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan efektivitas penerapan metode somatic auditory visualization intellectually (SAVI) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain penelitian pretest-posttest control group. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 1 Imogiri tahun ajaran 2022/2023 sebanyak tujuh kelas. Sampel penelitian diambil secara acak terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIII C dan kelas VIII B. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes kemampuan pemahaman matematika. Pengujian hipotesis menggunakan uji One Sample t-Test dan Independent Sample t-Test dengan taraf signifikansi 5% pada data skor gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan metode pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMP, (2) penerapan metode pembelajaran ekspositori tidak efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMP, dan (3) penerapan metode pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) lebih efektif daripada metode pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMP.
Copyrights © 2024