Jurnal Pedagogi Matematika
Vol 10, No 2 (2024): Jurnal Pedagogi Matematika

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) NUMERASI LEVEL SMP BERDASARKAN TEORI NEWMAN

Devi, Annisa Nirmala (Unknown)
Hamdi, Syukrul (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan dan faktor penyebab kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Kalasan dalam menyelesaikan soal AKM Numerasi berdasarkan metode Newman. Jenis penelitian ini deskripsi kualitatif, dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Kalasan yang berjumlah 100 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen tes terdiri dari 8 butir soal AKM Numerasi yang telah divalidasi oleh dosen pembimbing dan dua guru mata pelajaran matematika SMP Muhammadiyah 2 Kalasan. Pengujian keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Jenis kesalahan siswa dianalisis menggunakan metode Newman, yaitu 1) kesalahan memahami, 2) Kesalahan transformasi, 3) kesalahan keterampilan proses, dan 4) kesalahan penulisan jawaban akhir. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan yang menunjukkan bahwa siswa melakukan kesalahan pada tahapan-tahapan Newman, yaitu kesalahan memahami sebesar 36,40%, kesalahan transformasi sebesar 47,28%, kesalahan keterampilan proses sebesar 12,95%, dan kesalahan penulisan jawaban akhir sebesar 3,38%. Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan, yaitu: tidak dapat memahami maksud soal secara mendalam, kesulitan dalam memahami makna kalimat dengan baik, kurang teliti, lupa rumus, kurangnya pemahaman terhadap materi yang ada pada soal, kurangnya latihan soal bentuk soal cerita sehingga siswa tidak terbiasa dengan menuliskan langkah-langkah menuliskan soal cerita dengan lengkap dan runtut, tidak dapat menentukan rumus atau langkah penyelesaian yang tepat, tidak dapat menghitung pecahan atau desimal, ragu-ragu saat mengerjakannya, kekurangan waktu pada saat pengerjaan soal, tidak terbiasa menuliskan kesimpulan, dan terburu-buru dalam mengerjakan soal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pedagogi Matematika ini menerbitkan karya-karya ilmiah dalam bentuk artikel hasil penelitian empiris, hasil kajian sistematik, resensi jurnal, atau letter-to-editor di bidang pendidikan matematika. Ruang lingkup jurnal ini adalah pendidikan matematika, termasuk pembelajaran, kurikulum, media, ...