Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Vol 9, No 2 (2024): Jurnal Riset Pembelajaran Kimia

Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Kesetimbangan Kimia

Putri, Rizka Maylaffayza (Unknown)
Arianingrum, Retno (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kelayakan, kepraktisan, dan uji keterbacaan e-LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran kesetimbangan kimia. Penelitian pengembangan berikut dilakukan dengan mengadopsi model 4D yang terdiri dari empat tahapan, yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan lima guru kimia, angket analisis kebutuhan peserta didik, lembar validasi kepada dua ahli media dan materi, angket kepraktisan diberikan kepada lima guru kimia, serta angket keterbacaan peserta didik diberikan kepada 60 peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri di Yogyakarta. Data kuantitatif dikumpulkan dengan angket berskala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-LKPD dinyatakan layak oleh validator ahli media dan materi dengan revisi sesuai saran. Hasil uji kepraktisan menunjukkan e-LKPD memiliki tingkat kepraktisan 88% dengan kategori sangat baik dan hasil keterbacaan mendapat skor sebesar 86% dengan kategori sangat baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpk

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Jurnal Riset Pembelajaran Kimia (JRPK) merupakan jurnal yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Kimia, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitian empiris dalam bidang pembelajaran kimia. Prosedur ...