Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berjalan begitu cepat, tentu harus dibarengi dengan karakter dan keterampilan yang baik. Peningkatan karakter dan keterampilan dapat dilakukan melalui proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi ada tidaknya pengaruh pembelajaran kimia berbasis lesson study terhadap karakter dan keterampilan peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain eksperimen semu. Pelaksanaan pembelajaran berbasis lesson study dilakukan melalui tahapan plan, do dan see. Populasi adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Palu. Sampel penelitian adalah kelas X7 untuk kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik 35 orang dan kelas X8 untuk kelas kontrol dengan jumlah peserta didik 36 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive random sampling. Teknik pengumpulan data dengan angket karakter dan tes keterampilan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik uji-t dua sampel dengan α= 5%. Hasil analisis data diperoleh bahwa pembelajaran berbasis lesson study berpengaruh terhadap karakter dan keterampilan peserta didik.
Copyrights © 2024