Penelitian yang dilakukan bertujuan membuat instrumen tes yang sesuai dengan indikator berpikir logis matematis untuk memahami kemampuan berpikir logis matematis siswa kelas lima sekolah dasar pada materi pecahan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Research and Development. Dilaksanakan pada satu sekolah dasar yang berada di Karawang, SD Puri Artha dengan partisipan 30 siswa yang dipilih secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes tulis kemampuan berpikir logis matematis. Instrumen tersebut memuat beberapa indikator berpikir logis matematis diantaranya: 1) Menuliskan makna terkait jawaban pendapat yang logis; 2) Menuliskan hubungan antar konsep yang dipahami dengan fakta ; 3) Menelaah dan menganalisis berdasar logika; 4) Merampungkan permasalahan matematis dengan rasional; serta 5) Membuat kesimpulan yang logis. Soal-soal tersebut dibuat terlebih dahulu sesuai saran expert, kemudian diuji untuk melihat validitas, reliabilitas, indeks kesukaran, dan indeks daya beda soal. Analisis uji validitas menunjukkan bahwa 20 butir soal pada instrumen tersebut valid dan reliabilitas instrumen tes sangat tinggi. Sedangkan tingkat kesukaran tergolong mudah, sukar dan sedang, dan daya bedanya juga termasuk kriteria cukup, baik dan sangat baik. Dengan demikian, 20 butir soal yang dikembangkan tersebut dapat diterapkan sebagai instrumen untuk mengukur berpikir logis matematis. Dalam pembelajaran matematika pada operasi hitung bilangan pecahan siswa kelas lima SD.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024