Belum semua peserta didik menguasai perkembangan pendidikan dalam ranah penelitian. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa mahasiswa harus dituntut untuk menghasilkan makalah penelitian seiring dengan kemajuan jenjangnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pelatihan menulis artikel yang terindeks Sinta. Metode dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode penulisan partisipatif (participatory action reseach/PAR). Peneliti turut serta bersama mahasiswa dalam melakukan pelatihan penulisan Artikel Penelitian Terindeks Sinta. Hasil penelitian ini adalah 1) peningkatan pengetahuan mengenai indeks Sinta, 2) peningkatan motivasi publikasi, 3) penyerahan sejumlah artikel untuk jurnal indeks Sinta, 4) penguasaan teknik penulisan, dan 5) penggunaan teknologi AI di dalamnya. Langkah-langkah yang dilakukan adalah 1) mengamati kebutuhan siswa untuk mengetahui permasalahan yaitu kelemahan dalam menulis penelitian, 2) wawancara mendalam untuk memahami permasalahan mengenai menulis, 3) merencanakan program workshop penulisan artikel terindeks Sinta , 4) melaksanakan program workshop penulisan artikel terindeks Sinta, dan 5) mengubah pemahaman siswa tentang sulitnya artikel terindeks Sinta.
Copyrights © 2024