Penelitian ini bertujuan untuk megetahui tingkat hasil belajar siswa kelas SD Negeri Gunung Sari II dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila setelah penggunaan model pembelajaran PAMER berbantuan video animasi dan pengaruh penggunaan model pembelajaran PAMER berbantuan video animasi terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Pancasila siswa kelas IV SD Negeri Gunung Sari II. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Negeri Gunung Sari II. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik total sampling atau sampel jenuh dengan sampel kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa soal pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar siswa dengan Pretest - Posttest Control Group Design. Berdasarkan hasil penelitan menunjukkan bahwa hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa setelah penggunaan model pembelajaran PAMER berbantuan video animasi pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 87,8 dengan kategori tinggi dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 71,1 dengan kategori rendah. Sedangkan pengaruh penggunaan model pembelajaran PAMER berbantuan video animasi terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Pancasila siswa kelas IV SD Negeri Gunung Sari II dari hasil pengelolaan hipotesis diperoleh Sig (2.Tailed) = 0,000 artinya bahwa H0 ditolak karena Sig (2.Tailed) < α atau (0,000 < 0,05). H1 diterima karena Sig (Tailed) > α atau (0,715 > 0,05) dengan hasil analisis uji T , Sig < ttabel atau (0,715 < 1,746). Maka penggunaan model pembelajaran PAMER berbantuan video animasi terhadap hasil belajar pada pembelajaran Pendidikan Pancasila siswa kelas IV berpengaruh di SD Negeri Gunung Sari II.
Copyrights © 2024